Saturday 30 August 2014

Profile : Kid Leader Taeyeon


김태연

Name : Kim Taeyeon
Stage Name : Taeyeon
Nickname : Ajumma, Taengoo, Byuntaeng, Kid Leader
Position : Leader, Main Vocalist
Date of Birth : 9 March 1989
Casted : 2004 SM 8th Annual Best Contest (Best Singer 1st Place Grand Award)
Training Duration : 3 Years 3 Months
School : Jeonju Art High School  (Graduated)



Taeyeon lahir pada tanggal 9 maret 1989 di Jeonju, Korea Selatan. Taeyeon merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Ia
mempunyai kakak laki-laki dan adik perempuan.

Taeyeon menerima latihan vokal pada tahun 2004 di SM Academy selama SMA. Taeyon dan ayahnya pulang pergi dari jeonju ke seoul untuk pelajaran vokalnya. Di tahun yang sama ia memenangkan juara satu di ajang SM Youth Best Competition dan resmi menerima kontrak  dari SM Entertainment. taeyeon melanjutkan trainee nya di SM Entertainment dan debut sebagai member Girls' Generation pada tahun 2007.

Karir Musik

Kemampuan vokal taeyeon mendapatkan banyak respon positif di dunia entertainment. Park jinyoung selaku CEO dari JYP Entertainment, mengatakan "daripada penyanyi lain yang menyanyi dengan baik, aku menyukai suara taeyeon yang berbeda saat menyanyi dan berbicara". Banyak yang memuji kemampuan suara sang leader satu ini seperti komposer yoo youngseok, komposer ahn youngmin dan juga teman se agensi mereka Jonghyun SHINee mengatakan bahwa mereka sangat terkejut sekaligus iri terhadap kemampua menyanyinya.

Aktivitas Solo

Taeyeon banyak merilis lagu untuk dijadikan OST drama bahkan film. Kebanyakan lagunya ada yang solo  dan ada juga yang berduet dengan teman seagensinya. Pada tahun 2008 taeyeon merilis lagu solo pertamanya yang berjudul "If" untuk KBS drama "Hong Gil Dong" dan juga "Can You Hear Me" untuk OST drama MBC "Beethoven Virus". Lagu "If" menjadi populer di berbagai charts musik online, dan lagu "Can You Hear Me" menerima penghargaan dari YEPP Popularity Award pada ajang Golden Disk Award 2008. Pada tahun yang sama taeyeon juga merilis lagu duet "7989" dengan senior di SM, Kangta.


Di tahun 2009 taeyeon merilis lagu berjudul "Its Love" yang di nyanyikanya bersama Sunny untuk OST drama "Heading to The Ground". Lagu tersebut tidak hanya mendapatkan nomer satu di berbagai chart musik online, tetapi juga mendapatkan penghargaan Best Soundtracks di pertengahan tahun 2009.

Tahun 2010 taeyeon merilis lagu duet "Like a Star" bersama The One,  juga "I Love You" untuk OST SBS drama "Athena : Goddess of War". Kedua lagu tersebut  meraih chart tinggi di berbagi acara musik.



Bersama Kim Bumsoo taeyeon merilis lagu duet dengan judul "Different" yang mendapatkan no 2 di Gaon Digital Chart tidak lama setelah dirilis pada tahun 2011. Lalu pada  tahun selanjutnya taeyeon merilis lagu "Missing You Like Crazy" untuk OST drama "The King 2 Hearts", lagu tersebut langsung menempati puncak seluruh tangga musik di korea. Juga mendapatkan no 1 di KBS Music Bank selama  3 minggu berturut turut. Dan pada tahun yang sama pula, ia merilis lagu ballad dengan judul "Closer" untuk drama "To The Beautiful You".

Lagu solonya berhasil memasuki Billboard Korea Kpop Hot 100 Chart teratas dengan lagu OST untuk drama "That Winter, The Wind Blows" dengan judul "And One" pada tahun 2013. Lagu ini mendapatkan julukan All-kill. Lirik lagu ini di tulis oleh kangta. Selain itu di tahun yang sama taeyeon menyanyikan lagu "Bye" yang menjadi OST dari film "Mr. Go" itu adalah pertamakalinya ia menyanyikan sebuah lagu untuk film.

Dan pada tahun 2014, taeyeon merekam lagu berjudul "Colourful" untuk JTBC's Campaign dan pada tahun yang sama pula ia merilis "Love, That One Word" untuk drama terkenal "You're All Surrounded" yang meraih nomer 2 di Melon dan tangga lagu lainnya.



Kehidupan pribadi



SM Entertainment mengkonfrimasi tentang rumor yang beredar sejak Juni 2014 bahwa leader girls' generation taeyeon sedang menjalin hubungan dengan junior se-labelnya EXO Baekhyun sejak february 2014.



No comments:

Post a Comment